Minggu, 29 April 2012

Tugas Multi media Minggu 2

Perangkat Lunak Multimedia Merupakan komponen-komponen yang terdapat di dalam data processing system berupa program-program yang digunakan untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak multimedia dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu : 1. Bahasa Pemrograman Multimedia Merupakan media (bahasa-bahasa) yang digunakan oleh programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program) dalam multimedia. Menurut tingkatannya bahasa pemrograman multimedia dibagi menjadi 2, yaitu : - Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Contoh : Assembly) Dapat digunakan untuk membuat game (Nintendo Entertainment System / NES, SEGA, maupun Nemesis) - Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (Contoh : C, C++, Maupun visual C++) Contoh lainnya adalah : Delphi, SQL Windows, Visual Basic, Java, dll 2. Perangkat Lunak System Multimedia Terdiri dari sistem operasi dan program utility. Sistem operasi yang dimaksudkan adalah suatu system yang terdiri dari komponen-komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan di dalam komputer. Beberapa system multimedia yang banyak digunakan, yaitu sebagai berikut : - DOS (Disk Operating System) - Windows 95 / 98 / 2000 - Windows NT / XP - Linux 3. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia Merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah beberapa media maupun informasi seperti teks, image / gambar, audio grafik, video, dll. Dilihat dari fungsi perangkat lunak multimedia terdapat banyak sekali jenis dari aplikasi multimedia, untuk lebih jelasnya dapat dilihat seperti di bawah ini : - Media Player Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk memutar informasi yang telah disimpan dalam bentuk audio ataupun video. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat dengan langsung untuk memutar file bentuk audio ataupun video tersebut. Beberapa jenis dari aplikasi media player ini antara lain : a. Windows Media Player, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft Corp. b. Winamp, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Nullsoft Inc. c. PowerDVD, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Cyberlink. d. Musicmatch JukeBox, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Musicmatch Inc. e. Real Player, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Real Network. - Audio / Video Editor Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk mengedit ataupun memanipulasi informasi dalam bentuk audio ataupun video. Aplikasi-aplikasi jenis ini dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi seperti : proses pemotongan, penggabungan, konversi, maupun manipulasi kualitas. Beberapa jenis dari aplikasi audio / video editor ini antara lain : a. Adobe Premiere, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Adobe Systems. b. Windows Movie Maker, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft Corp. c. Pinnacle Studio, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Pinnacle Systems. Graphic / Image Viewer Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk melihat sebuah view dari gambar / image yang telah disimpan pada sebuah direktori. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membaca file gambar yang saat ini telah banyak terdukung seperti : bmp (windows bitmap), jpeg / jpg (Image Terkompresi), gif (CompServ), png (Portable Network Graphic), ico (Icons Image), dll. Beberapa jenis dari aplikasi image viewer ini antara lain : a. ACDSee, aplikasi komersial yang diproduksi oleh ACD Systems. b. Microsoft Picture Manager, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft Corp. c. Microsoft Picture and Fax Viewer, aplikasi komersial yang terdapat pada paket Microsoft - Graphic / Image Editor Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk menulis, menggambar, mengedit ataupun untuk memanipulasi gambar secara interaktif pada sistem komputer. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan fungsi editing mulai dari fungsi yang sederhana hingga kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image editor, yaitu bitmap image dan vector image. Beberapa jenis dari aplikasi image editor ini antara lain : a. Adobe Photoshop, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Adobe Systems. b. Corel Draw, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Corel Corporation. c. Paint, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Microsoft Windows. d. GIMP, aplikasi open source yang diproduksi oleh GNU General Public License. - Animasi Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk membuat, mengedit ataupun untuk memanipulasi animasi secara interaktif pada sistem komputer. Animasi adalah gambar bergerak ataupun video dengan konten gambar yang fiktif seperti kartun dan gambar tidak rill. Beberapa jenis dari aplikasi animasi ini antara lain : a. Macromedia Flash, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Macromedia Inc. b. Houdini Animation Software, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Side Effect Software. c. Power Animator, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Alias Systems Corporation. - Graphic 3D Merupakan jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk menmbuat, mengedit ataupun untuk memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3D. Gambar 3D merupakan representasi dari sebuah gambar di dalam geometri 3D (x, y, z). Beberapa jenis dari aplikasi graphic 3D ini antara lain : a. 3D studio max, aplikasi komersial yang diproduksi oleh AutoDesk Media & Entertainment. b. Maya, aplikasi komersial yang diproduksi oleh Alias Systems Corporation. c. Blender, aplikasi open source yang diproduksi oleh GNU General Public License. Perangkat Keras Multimedia Multimedia merupakan pengolahan data berupa teks, gambar, audio, video atau animasi yang bekerja secara elektronis dan otomatis. Unsur-unsur utama sistem perangkat keras multimedia antara lain adalah unit masukan (input device), unit keluaran (output device), storage (penyimpanan), dan centar processing unit (CPU). Berikut pembahasan satu-satu unsur utama tersebut secara detail. 1. Unit Masukan (Input Device) Fungsinya : • Tempat memasukkan data dan program yang akan diproses. • Menerjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal komputer multimedia. • Mengirim data yang sudah berbentuk bit-bit ke dalam storage (media penyimpanan). Untuk memasukkan data ke dalam komputer multimedia dilakukan dengan : o Keyboard Bentuk dasar keyboard :  Alphanumeric keyboard.  Special-function keyboard. o Alat Penuntuk (Pointing Device) Terdiri dari :  Mouse (ball, optik, wireless).  Joystick (biasanya untuk game).  Trackball (serupa dengan mouse, tapi dibagian atas).  Trackpad (serupa dengan trackball, tapi tidak menggunakan bola melainkan pad).  Trackpoint (fungsinya menyerupai joystick, tapi dioperasikan dengan ujung jari).  Touchscreen (alat yang memungkinkan memasukkan data dengan menyentuh satu lokasi di layar dengan menggunakan jari atau obyek khusus yang telah disediakan).  Light pen (alat seperti pena yang digunakan untuk menunjuk pada layar seperti cara jari menunjuk layar sentuh). Hanya dipakai pada Computer Aided Design / CAD dan Computer Aided Manufacturing / CAM.  Digitizing tablet (alat input multimedia yang memungkinkan untuk memasukkan gambar dan sketsa ke komputer multimedia.  Unit Remote Control (alat yang serupa dengan remote control pada TV). o Alat Input Otomatisasi Data  Membantu mempercepat input data ke dalam komputer multimedia.  Terdiri dari teknologi pembacaan optik dan magnetik. o Alat Pembaca Optik  Scanner (alat yang membaca data dengan menyinari dengan sinar terang di atas data, kemudian menangkap teks, citra atau gambar yang terpantul pada suatu matriks sel-sel fotoelektrik. o Alat Pembaca Magnetik  Magnetic Ink Character Recognation / MICR (alat yang dapat membaca huruf-huruf yang ditulis dengan tinta magnetis, baik itu tulisan manusia maupun tulisan mesin). o Alat Input Pengenal Suara  Dapat menganalisis pola suara dan mengubahnya menjadi bentuk-bentuk digital untuk diproses.  Terdiri dari 2 jenis, yaitu :  Speaker dependent system (hanya mengenali satu suara saja).  Speaker independent system (dapat mengenali semua pemakai yang berbicara dalam bahasa apapun asalkan proses pembuatan model suaranya telah dilakukan). o Kamera Digital  Kamera yang dapat merekam citra secara digital. o Camcorder  Perekam elektronik yang portable, yang mempunyai kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dapat dimainkan di Video Cassete Recorder (VCR), TV, dan komputer.  Terdiri dari kamera dan recorder.  Disebut juga video recorder. o Snappy  Snappy Video Napshot adalah suatu modul penangkap gambar yang menghubungkan paralel port bagian desktop atau laptop. o Kamera Web (Web Cam)  Kamera yang dirancang penggunaannya pada web.  Dapat ditempatkan dimana saja dan dapat mentransmisikan video ke TV, VCR, atau PC. 2. Unit Keluaran (Output Device) Fungsi : • Tempat keluarnya hasil proses. • Menerjemahkan bit-bit ke dalam kode yang dikenal media output. Pada komputer multimedia, unit output dapat berbentuk tampilan, cetakan, grafik, suara, video, dan animasi. o Alat Output Tampilan  Yang banyak digunakan adalah monitor atau Visual Display Unit (VDU) atau Cathode Ray Tube (CRT) atau layar tampilan (Display Screen). o Alat Output Cetakan  Printer (menghasilkan output salinan kertas).  Plotter (menghasilkan suatu gambar grafik). o Alat Output Grafik Presentasi  Terdiri dari dua kategori, yaitu LCD Panel dan LCD Projector.  LCD Panel ukurannya sebesar notebook yang digunakan untuk overhead projector. Cahaya dari overhead melewati LCD Panel dan bayangan ditampilkan pada layar.  LCD Projector digunakan dengan lensa yang ada didalamnya dan sumber cahaya untuk memproyeksikan bayangan ke layar. o Alat Output Suara  Ada dua tipe, yaitu voice response dan unit speech synthesis.  Voice response digunakan untuk reproduksi suara manusia dan suara lainnya. Hasil output berupa rekaman kata, frase, musik, alarm, atau sesuatu yang dapat direkam dengan pita audio.  Unit speech synthesis melakukan konversi dari data mentah ke elektronik sehingga menghasilkan suara yang dikenal dalam lingkungan mikro-komputer. 3. Penyimpanan (Storage) • Penyimpanan Internal o Penyimpanan yang berhubungan langsung dengan CPU. o Terdiri dari RAM, ROM, CMOS, Flash memory, Cache memory, dll. • Penyimpanan Eksternal o Penyimpanan yang tidak berhubungan langsung dengan CPU. o Terdiri dari sequential storage dan random/direct access storage. 4. Central Processing Unit (CPU) • Merupakan pusat kendali sistem komputer. • Merupakan penghubung antar input device dan output device. • Memberikan address data dan program. • Memasukkan dan mengambil data. • Memproses data secara aritmatik dan logik. • Melaksanakan instruksi-instruksi secara berturut-turut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar